pemerintahan kecamatan

  • 27 Juli 2017
  • Oleh: rabned
  • Dibaca: 776 Pengunjung
pemerintahan kecamatan

 Penyelenggaraan pemerintahan sampai saat ini tetap menjadi sorotan yang tajam, terutama dalam aspek transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas. Sehinggapenerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan pemerintahan menjadi suatu tuntutan utama, oleh karena masyarakat mulai kritis dalam memonitor dan mengevaluasi manfaat serta nilai yang diperoleh atas pelayanan dari instansi pemerintah.

Organisasi didirikan sebagai suatu wadah untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan. Organisasi tersebut harus mengelola berbagai rangkaian kegiatan yang diarahkan menuju tercapainya tujuan organisasi. Kecamatan sebagai salah satu organisasi perangkat daerah, menurutUU 23 Tahun 2014 tentangPemerintahan Daerah, pasal 221 menyebutkan bahwa Kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan,pelayanan publikdan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

Dari sembilan agenda Nawacita, salah satunya adalah membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik. Dalam penyelenggaraan pelayanan publik, seyogyanya mengembangkan sistem yang berkeadilan, efisien, responsive, akuntabel dan partisifatif. Pemerintah harus dapat melaksanakan pelayanan yang mudah diakses oleh semua warga masyarakat dan  mampu  menjawab kebutuhan  seacara partisipatif sesuai norma-norma yang berlaku di masyarakat.

 Pelayanan publik di kecamatan, sesuai Permendagri Nomor 4tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan(PATEN), Kecamatan Denpasar Barat menerapkan Paten sejak  28 Februari 2015 berdasarkan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 40a Tahun 2011 tentang Pelimpahan SebagianKewenangan Walikota kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.Pelaksanaan Paten, berdasarkan prinsip “close to the customers”yang bertujuansudah seharusnya pemerintah memberikan  pelayanan yang mudah, murah, cepat, terjangkau dan terutama dekat dengan pelanggan (masyarakat). Diharapkan kecamatan dijadikan simpul pelayanan dan front office pelayanan bagi masyarakat.


  • 27 Juli 2017
  • Oleh: rabned
  • Dibaca: 776 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya

A.A Ngurah Made Wijaya, S.Sos

Apakah anda merasa puas dengan pelayanan di Kantor Camat Denpasar Barat ?